Sunday, January 12, 2014

Tauhid Asma



Tauhid Asma

Asma artinya nama (sebutan). Tauhid asma artinya segala nama (sebutan) di alam semesta ini pada hakekatnya bersumber pada asma Allah.. Anda katakan si Fulan pintar dan cerdik, maka pada hakekatnya segala kepintaran dan kecerdikan si A bersumber dari kepintaran dan kecerdikan Allah. Dialah Allah yang maha mengetahui lagi maha pintar. Dan Dialah yang membuat dan memungkinkan seseorang menjadi pintar. Sekalipun si fulan tersebut pintar setelah memperoleh pendidikan S3 maka bukan pendidkan S3-nya yang memungkinkan dia menjadi pintar tetapi Allahlah yang memungkinkan dia mengerti an memahami ilmu pengetahuan saat kuliah S3-nya. Ingat kita sebagai makhluk hanya bisa berusaha tetapi Allahlah yang menentukan hasilnya. Betapa banyak orang yang mengulang matakuliahnya tetapi tidak dapat menguasai ilmunya.

Jadi janganlah kita kagum berlebihan pada seseorang. Entah karena pintar, kaya, tampan ataupun lainnya, karena sesungguhnya mereka beruntung hanya berkat rahmat Allah. Dan sekali lagi apapun kelebihan yang melekat pada seseorang, itu adalah rahmat Allah. Jadi apapun yang ada pada diri kita tidak perlu disombongkan karena sifat rahmat tersebut hanya sementara. Hari ini kita termasuk orang yang pintar, besok sudah termsuk golongan orang yang bodoh karena sudah pikun, hari ini termasuk orang yang kuat besok sudah lemah dan lumpuh karena kecelakaan.
Jadi jika kita melihat seseorang mengagumkan entah karena kekayaannya ataupun kepintarannya maka sesungguhnya orang tersebut mempunyai sebutan demikian hanya karena asma Allah. Si Fulan kaya karena Allah yang maha kaya menganugrahkan kekayaan pada orang tersebut, Si Tony pintar karena Allah yang Maha Pintar menganugrahkan kepintaran pada orang tersebut. Jadi pada hakekatnya segala sebutan yang baik pada makhluk sebenarnya milik Allah dan bersumber pada asma Allah.

Lalu bagaimanakah dengan pernyataan orang tersebut miskin? Apakah orang tersebut miskin karena Allah? Jawabannya adalah ya. Sesungguhnya Allahlah yang berkuasa mengangkat dan menurunkan derajat seseorang. Sungguh mudah bagi Allah untuk menjadikan orang miskin menjadi kaya dan sebaliknya. Atau selalu tetap kondisinya. Allah berkehendak demikian  untuk menguji makhlukNya apakah mereka termasuk yang beriman atau tidak dengan ujian kelapangan dan kesusahan. Jika mereka ikhlas, tetap bertawakkal dan bersyukur setiap keadaan maka derajatnya di mata Allah makin tinggi dan mereka akan mendapatkan imbalan atas kesabarannya mungkin di dunia atau di akhirat sesuai kebijakan dari Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Jadi pada hakekatnya segala sesuatu yang kita miliki ini baik berupa kelebihan ataupun kekurangan kesemuanya berasal dari Allah yang mengatur dan menetapkan segala kelebihan dan kekurangan kita. Jika kita bersyukur maka kelebihan tersebut ditambah dan jika kita khufur maka kelebihan tersebut mungkin akan dikurangi atau bahkan menjadi azab.

Oleh sebab itu wajib bagi kita untuk tetap menyandarkan segala kemampuan kita kepada Allah karena Dialah yang memberikan kemampuan tersebut kepada kita. Sekarang timbul pertanyaan bagaimanakah cara kita menyandarkan semua kemampuan kita kepada Allah?

Cara menyandarkan semua kemampuan kita kepada Allah adalah sebagai berikut :

  • Menyadari bahwa segala sesuatu yang kita miliki termasuk apa yang dimiliki orang lain adalah titipan dari Allah, baik itu kekayaan, pangkat, kekuasaan, kepintaran, kecantikan ataupun kekuatan
  • Apa yang kita miliki tersebut tidaklah abadi, suatu saat akan hilang. Jika kita sudah masuk liang kubur maka segala kekayaan, pangkat, kekuasaan, dan kepintaran tidak ada gunanya. Hanya iman dan amal saleh yang akan berguna. Selain itu harus dipahami bahwa Allah berkuasa membalikkan keadaan makhlukNya. Dia dapat menjadikan si Miskin menjadi kaya dan si kaya menjadi miskin hanya dengan mengatakan “Jadilah” maka terjadilah keadaan yang Dia kehendaki.
  • Selain mengenali keadaan diri kita sendiri, kita juga seharusnya memahami nama-nama Allah yang baik atau yang disebut Asma ul Husna, yaitu nama-nama Allah yang jumlahnya ada 99 nama (sebutan). Kesemua nama ini tidak hanya perlu dihapal tetapi juga dipahami maknanya dan penyebabnya sehingga Allah panas mendapatkan nama tersebut.

No comments:

Post a Comment

Doa Syaifi Angin

Berikut adalah doa syaifi angin yang saya peroleh untuk mempercepat perjalanan. Sebaiknya dibaca setelah sholat hajat sebelum melakukan perj...