Sunday, January 12, 2014

Beriman Kepada Allah



Beriman Kepada Allah

Sesungguhnya keimanan yang paling utama adalah iman kepada Allah pencipta kita semua. Dialah yang menciptakan langit, bumi dan segala isinya. Inti iman kepada Allah adalah tauhid.  Banyak orang yang beranggapan bahwa Allah hanyalah sebuah simbol tanpa pengaruh apa-apa di dunia ini dan sengaja dibuat supaya manusia takut berbuat jahat.
Maha suci Allah, sesungguhnya Dia ada sebelum sesuatunya ada, bahkan Dialah yang mengadakan segala sesuatunya. Dialah yang mengadakan sesuatunya dengan kalimat “Jadilah” Tiada satupun yang luput dari kendaliNya, Dialah yang mengendalikan kita di dunia dan akhirat dengan Qadha dan QadarNya.
Siapa yang bertuhankan yang lain selain Allah maka sesuangguhnya telah sesat. Entah bertuhankan dunia (yaitu melakukan segala sesuatunya demi dunia), bertuhankan jabatan (yaitu melakukan segala sesuatunya demi jabatan) ataupun bertuhankan wanita, yaitu melakukan segala sesuatunya demi wanita idamannya. Sesungguhnya tauhid yang benar adalah beriman kepada Allah, yaitu melakukan segala sesuatunya demi Allah.
Lalu apakah gunanya mempelajari tauhid?  Keuntungan  yang kita peroleh dengan penguasaan tauhid adalah kita semakin dekat kepada Allah, sehingga ibadah kita semakin khusu’ kepada Allah dan doa kita makin mudah dikabulkan, karena sesungguhnya hanya Allahlah yang mampu mengabulkan doa dari setiap makhluknya karena Dia maha Pencipta lagi Maha kasih sayang kepada makhlukNya
Tauhid dapat dibagi atas 4 tahapan pemahaman, semakin tinggi tahapanya semakin sukar kecuali bagi orang-orang yang mau belajar dan berpikir. Berikut dari tahapan terendah :

  1. Tauhid Ap’al (Tauhid Perbuatan)
  2. Tauhid Asma (Tauhid Sebutan)
  3. Tauhid Sifat
  4. Tauhid Dzat

No comments:

Post a Comment

Doa Syaifi Angin

Berikut adalah doa syaifi angin yang saya peroleh untuk mempercepat perjalanan. Sebaiknya dibaca setelah sholat hajat sebelum melakukan perj...