Sunday, January 12, 2014

Ilmu Yang Terhebat



Ilmu Yang Terhebat
 


Dengan nama Allah yang maha kuasa atas segala sesuatunya. Dengan nama Allah yang memberikan petunjuk dan ilmu kepada makhlukNya.
Sesungguhnya ilmu yang terhebat adalah ilmu yang membawa kebaikan dunia dan juga akhirat kepada pemiliknya. Tidak hanya ilmu dunia yang penting, ilmu akhirat juga penting. Karena kita hidup di dunia ini hanya sementara. Dulu kita bayi, hari ini dewasa besok sudah menjadi tanah dan diakhirat kita akan dihidupkan lagi. Sesungguhnya kejadian ini sudah ditetapkan oleh Allah pencipta dan pengatur alam semesta. Tidak ada satupun makhluk yang dapat menghindari mati, termasuk manusia dan jin. Dan kelak setelah mengalami kematian, kita akan dihidupkan lagi dan menerima balasan atas perbuatan kita di dunia secara adil karena sesungguhnya Allah Maha adil dan tidak akan membiarkan ketidakadilan terjadi di alam semesta ini.
Kembali kepada ilmu untuk kebaikan dunia dan akhirat, itulah ilmu agama. Ilmu agama  Islam tidak hanya mengatur urusan akhirat tetapi juga urusan duniawi, baik hubungan antar manusia, manusia ke makhluk lain maupun manusia kepada Allah.
Inti ilmu agama adalah beriman dan bertakwa kepada Allah. Kita dikatakan beriman jika benar-benar meyakini kebenaran rukun iman, yaitu :

  1. Beriman kepada Allah swt
  2. Beriman kepada semua malaikat Allah
  3. Beriman kepada semua kitab-kitab Allah, yang sekarang ini hanya kitab Al Quran yang terpelihara kebenarannya (tidak dirubah tulisannya oleh manusia)
  4. Beriman kepada semua Nabi dan Rasul Allah. Dalam hal ini Nabi Muhammad saw lah Nabi dan Rasul Allah yang terakhir yang membawa agama Allah yang sempurna kebenarannya.
  5. Beriman tentang adanya hari kiamat yang pasti akan terjadi
  6. Beriman tentang Qodha baik dan buruk, itu semua berasal dari Allah

Dan kita dikatakan bertakwa jika melaksanakan semua perintah dan menjauhi larangan Allah sesuai hukum Al Quran dan Al Hadist.
Dan kita dikatakan beragama Islam jika melaksanakan rukun Islam, yaitu

  1. Membaca dua kalimat Shadat dan mengakui kebenarannya
  2. Melaksanakan sholat Fardhu lima kali dalam sehari semalam sesuai tuntunan Nabi Muhammad saw
  3. Melaksanakan puasa wajib pada bulan Ramadhan
  4. Mengeluarkan zakat sesuai hukum Islam
  5. Pergi haji jika ada kesanggupan.

2 comments:

Doa Syaifi Angin

Berikut adalah doa syaifi angin yang saya peroleh untuk mempercepat perjalanan. Sebaiknya dibaca setelah sholat hajat sebelum melakukan perj...