Sunday, January 12, 2014

BAB 1. PEMBERSIHAN DAN PENGISIAN KEKUATAN BATIN


BAB 1. PEMBERSIHAN DAN PENGISIAN KEKUATAN BATIN

Tahap  awal  untuk  persiapan  penguasaan  ilmu  kanuragan  dalam  kitab  ini  adalah mendekatkan diri kepada Allah swt, sehingga permohonan kita untuk menguasai ilmu kanuragan  dalam  kitab  ini  dikabulkan  dan  memberikan  manfaat  bagi  kita  di  dunia maupun akhirat.
Caranya adalah dengan menguasai ilmu tauhid sehingga tidak hanya saat sholat kita dekat dengan Allah tapi juga dalam aktivitas dunia. Tauhid yang dimaksud adalah pengesaan Allah, yang terdiri atas 4 tahapan, yaitu :

1. Tauhid Ap’al
Menyadari bahwa segala yang terjadi di  dunia ini pada hakekatnya dapat terjadi karena perbuatan Allah. Kita semua bisa berjalan, melihat dan sebagainya karena Allah mengijinkan anggota tubuh kita tsb untuk bekerja sesuai keinginan kita, jika tidak maka apapun yang kita inginkan tidak akan terjadi. Sesungguhnya Allah maha kuasa atas segala sesuatu.

2. Tauhid Asma
Menyadari bahwa kita ini hanyalah ciptaan Allah semata, segala perbuatan  dan sifat makhlukNya yang baik hanyalah petunjuk bahwa Allahlah yang memilikinya. Jadi pada hakekatnya  segala  sesuatu  yang  ada  adalah  berasal  dari  Allah  yang  menciptakan semua makhluk dan mempunyai keagungan dan kemuliaan. Oleh sebab itu kita harus menyandarkan diri kepada Allah baik kondisi lapang ataupun sempit, karena Dialah
yang menciptakan kondisi tersebut dan Dia jugalah yang mampu merubah kondisi yang sempit menjadi lapang.
Oleh sebab itulah untuk menguasai tauhid asma ini anda harus menguasai makna asma ‘ul husna yang berjumlah 99. Tujuannya adalah untuk memfokuskan diri kepada Allah dalam setiap keadaan, jika kita memperoleh harta ingat asma Allah Ar razaq, jika menghadapi masalah batiniah ingat asma Allah al Batin dan jika menghadapi musuh ingat asma Allah As Salam dan Al Mutaqim.
Cara menguasai asma ‘ul husna adalah sebagai berikut :
  1. Setiap malam Jum’at setelah sholat Isya membaca asma ‘ul husna 100 kali untuk setiap asma ‘ul husna yang berjumlah 99 tersebut.
  2. Saat membacanya gunakan kata Yaa (artinya wahai), contohnya Yaa Alimu, Yaa Razaaqu dan seterusnya
  3. Saat membacanya, hati harus fokus pada arti asma ul husna tersebut dan mencoba gali makna dan mengapa Allah berhak atas asma/sebutan tersebut.
  4. Setelah selesai ucapkan al hamdulillah karena pemahaman yang telah kita peroleh dan tutup dengan membaca shalawat.

Hasil positif lain dari teknik ini adalah kita mendapatkan rahmat dari Allah untuk setiap  asma  tersebut.  Dengan  kata  lain  teknik  ini  membuka  peluang  kita  untuk mendapatkan kekuatan ilahi untuk setiap asma ul husna tersebut. Dan inilah teknik pembuka ilmu kanuragan kitab ini.

3. Tauhid Sifat
Segala sesuatu di alam semesta ini pada hakekatnya menunjukkan sifat Allah. Yang manakah sifat Allah? Pelajari dan kuasai makna sifat 20. Tanpa menguasai tahapan ini tidak mungkin anda dapat menguasai tahapan puncak. Tahapan ini berguna untuk mencegah kebingungan diri kita yang mana Tuhan dan yang mana makhluk. Jika anda sampai  bingung  ditahap  terakhir  maka  ada  kemungkinan  anda  akan  gila,  jadi
waspadalah. Intinya salah satu teknik untuk mengenal Allah adalah mengenal diri kita sendiri dan gunakanlah panduan sifat 20 sebagai kontrolnya.

4. Tauhid Dzat
Tahapan puncak. Segala sesuatu di alam semesta ini hanyalah bayangan dari Dzat Allah.  Kita  tidak  akan  mampu  menguasai  tahapan  ini  tanpa  pertolongan  Allah. Kenalilah Allah dengan bantuan Allah.
OK, setelah anda menguasai minimal hingga tauhid tahap kedua.  Maka sholat taubat terlebih dahulu untuk pembersihan jiwa dan dilanjutkan sholat hajat. Doanya yang dibaca setelah doa hajat (doa hajat dapat dilihat pada lampiran) sebagai berikut :


Ya Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, berilah hamba kekuatan lahir batin
dan masukkanlah hamba dalam kebesaranMu yang agung lagi perkasa.



(Ya Allah yg berdiri sendiri yg memberi kekuatan kepada siapa saja yg dikehendakiNya.
Tiada daya & kekuatan selain bersama Allah yg Maha Tinggi lagi Maha Agung)

No comments:

Post a Comment

Doa Syaifi Angin

Berikut adalah doa syaifi angin yang saya peroleh untuk mempercepat perjalanan. Sebaiknya dibaca setelah sholat hajat sebelum melakukan perj...